Articles-www.ahmadmadu.com

Articles

2018-04-18

Jika Anda seorang public speakers tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Demosthenes. Dia adalah orator ulung dari Athena kuno, Yunani. Hampir setiap kelas, training, pelatihan, ataupun buku-buku public speaking kisah nyata Demosthenes sangat menginspirasi.

Demosthenes adalah seorang yang memiliki penyakit gagap. Ditertawai saat tampil di depan umum sudah menjadi hal biasa baginya. Ia bahkan harus kehilangan hak atas harta warisnya karena kalah dalam debat sidang.

Ia kalah karena gagap dan tidak bisa mengolah kata-kata dengan baik. Alih-alih kecewa karena sering ditertawai dan kehilang [...]

Ahmad Madu  0Comment

2018-02-02

Suatu ketika, seorang Chief Executive Officer (CEO) sebuah perusahaan, curhat kepada saya. "Pak Madu, sekarang ini makin banyak lulusan perguruan tinggi yang beken-beken. CV-nya juga tampak hebat. Namun, setelah diterima bekerja, tuntutannya banyak, sementara hasilnya tidak seberapa. Ada juga teman saya, pengusaha juga, di tempatnya, jumlah karyawan semakin bertambah, namun profit perusahaan bukannya tumbuh signifikan, eh malah masih sama saja. Alhasil dia suka nombok untuk bayar gaji karyawan dari tabungannya", begitu keluhnya.

Mendengar curhatan CEO tersebut, bulu kuduk saya berdiri. Sambil merenung, apakah saya juga termasuk gerombolan manusia penghancur perusahaan saat saya masih bekerja? Semoga saya tidak [...]

Ahmad Madu  1Comment

2018-01-31

              CoWorkerHint, sebuah situs di internet yang menerbitkan newsletter tentang teknik dan tips meningkatkan hubungan interpersonal, yakni Worksplace TipZineTM, menggambarkan empat perasaan penting yang harus disadari. Keempat sensasi emosi maupun tubuh yang penting tersebut, dianggap sering kali memicu reaksi-reaksi emosi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, alias destruktif. Keempat perasaan emosi dan tubuh itu disingkat dengan kata HALT, yakni : Hungry (lapar), Anger (marah). Lonely (kesepian), Tired (keletihan).

            Menuru [...]

Ahmad Madu  0Comment